Izin Pendirian Satuan Pendidikan Formal

Tanggal Posting : 12 October 2019 | Tanggal Pembaharuan : 25 July 2022
Dasar Hukum

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 tentang Pedoman Pendirian, Perubahan, dan Penutupan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  2. Peraturan Bupati Nias Nomor 16 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan dan Pendelegasian Kewenangan Perizinan Berusaha di Kabupaten Nias
  3. Keputusan Bupati Nias Nomor 530/253/K/Tahun 2022 tentang Penetapan Standar Pelayanan (SP) Pelayanan Perizinan Berusaha dan Non Perizinan Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nias
  4. Keputusan Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Nias Nomor : 503/ 22 /KEP.DPMPTSP/2022 tentang Penetapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Perizinan Berusaha dan Non Perizinan Pada DPMPTSP Kabupaten Nias


Persyaratan Layanan

Download   WhatsApp

  1. Surat Permohonan yang ditunjukkan kepada Kepala Dinas PM-PTSP Kabupaten Nias
  2. Nomor Induk Berusaha (NIB) khusus Penyelenggara Pendidikan yang diselenggarakan oleh Masyarakat
  3. Akta Pendirian khusus Penyelenggara Pendidikan yang diselenggarakan oleh Masyarakat + AHU
  4. Hasil Studi Kelayakan
  5. Isi Pendidikan
  6. Jumlah dan Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan
  7. Sarana dan prasarana pendidikan
  8. Pembiayaan pendidikan
  9. Sistem evaluasi dan sertifikasi
  10. Manajemen dan proses pendidikan
  11. Fotocopy NPWP, 1 (satu) lembar
  12. Fotocopy Direktur (Pemilik / Penanggungjawab)
  13. Rekomendasi Teknis dari Dinas Pendidikan Kabupaten Nias


Alur & Prosedur Pelayanan

  1. Pemohon Registrasi dan Mengajukan permohonan di Aplikasi Perizinan Nasional : sicantik.go.id
  2. Pemohon menyerahkan berkas permohonan ke DPMPTSP Kabupaten Nias melalui Front Office
  3. Berkas Permohonan diterima dan di Verifikasi
  4. Front Office mencetak bukti tanda terima dokumen dan diserahkan kepada Pemohon
  5. Front Office menyerahkan dokumen ke Back Office
  6. Back Office melanjutkan pengentrian data
  7. Kepala Seksi melakukan Verifikasi Kelengkapan Dokumen
  8. Back office melakukan percetakan draft izin
  9. Dokumen di Paraf secara bertahap oleh Kepala Seksi, Kepala Bidang dan Sekretaris
  10. Dokumen di tanda tangani secara manual dan tanda tangan elektronik oleh Kepala Dinas dan dikembalikan ke Backoffice
  11. Backoffice menyerahkan Dokumen ke Front Office
  12. Front Office menyerahkan dokumen ke Pemohon, dan mencetak tanda terima izin


Waktu Proses

5 Hari Kerja


Biaya Layanan

Gratis


Masa Berlaku

5 Tahun